Menjelang peringatan Dies Natalis ke-76, UGM kembali menyelenggarakan Malam Anugerah Insan UGM Berprestasi 2025 (Selasa, 9/12), sebuah agenda rutin tahunan untuk memberikan apresiasi kepada sivitas akademika yang telah menunjukkan dedikasi dan inovasi dalam berbagai bidang. Pada tahun ini, Direktorat Kajian dan Inovasi Akademik (DKIA) kembali berperan dalam memberikan penghargaan bagi insan-insan berprestasi di bidang transformasi pembelajaran digital.
Penghargaan difokuskan pada dua kategori utama, yaitu Inovasi Pengembangan Modul Kredensial Mikro dalam Platform UGM Online dan Inovasi Pengembangan Video Diseminasi Ilmu Pengetahuan sebagai Penguatan Kanal Pengetahuan. Kedua kategori ini merupakan bagian dari komitmen UGM untuk memperluas akses pendidikan berkualitas dan memperkuat diseminasi pengetahuan kepada masyarakat luas.
Kategori Inovasi Pengembangan Modul Kredensial Mikro, apresiasi diberikan kepada 2 (dua) dosen dan 1 (satu) tenaga kependidikan pengembang MOOC (Massive Open Online Course) yaitu Dr.techn. Aufaclav Zatu Kusuma Frisky dari FMIPA dengan modul Regional Based Object Detection, Dr. M. Rodinal Khair Khasri dari Fakultas Filsafat dengan modul Pengantar Filsafat Agama, serta Dede Putra Firmansyah dari FEB melalui modul Pengenalan Dasar Fotografi. Ketiganya dinilai berhasil memperkaya ekosistem pembelajaran digital UGM melalui melalui modul yang dirancang inklusif, adaptif, dan selaras dengan tuntutan pendidikan abad ke-21.
Sementara itu, pada kategori Inovasi Pengembangan Video Diseminasi Ilmu Pengetahuan, penghargaan diberikan kepada dosen dan tenaga kependidikan sebagai kreator konten edukasi yang mampu menyampaikan pengetahuan secara menarik melalui media audiovisual. Penghargaan diraih oleh Musliichah dari Direktorat Penelitian melalui video Ilmu Tumbuh Subur Bumi, Wisnu Agung Hardiansyah dari Fakultas Teknik dengan karya Daur, Bangun!, serta Dr. Aeni Nurlatifah dari Fakultas Peternakan lewat video Mengungkap Kebenaran di Balik Daging. Ketiga karya tersebut dinilai berkontribusi dalam memperluas diseminasi pengetahuan UGM kepada masyarakat luas melalui pendekatan visual yang informatif serta dapat digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa.
Melalui penghargaan ini, UGM menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat transformasi pembelajaran digital melalui pengembangan kredensial mikro, serta Kanal Pengetahuan sebagai bagian dari upaya memperluas akses pengetahuan. Program ini juga menjadi bagian penting dalam mendukung pencapaian SDG 4 (Quality Education) dan pendidikan inklusif sepanjang hayat.
Pencapaian para penerima penghargaan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sivitas akademika lainnya untuk terus berinovasi dan menghadirkan karya-karya yang bermanfaat bagi dunia pendidikan maupun masyarakat secara luas.